Nama Alat Drumband dan Gambarnya

Posted on

Nama Alat Drumband dan Gambarnya

Ngomongin drumband pasti langsung terbayang kemeriahan, ritme yang keren, dan tentu aja, para pemain yang penuh semangat. Nah, di balik kemeriahan itu, ada alat-alat yang bikin suara adem ayem itu bisa tercipta. Yuk, kita intip lebih deket alat-alat drumband beserta fungsinya!

1. Snare Drum

Snare drum, atau yang biasa disebut drum tarik, adalah yang paling kentel di drumband. Kalo dijelaskan secara gamblang, ini adalah jantungnya drumband. Pasalnya, snare drum ini punya suara yang dominan dan bisa mengatur tempo lagu. Jadi, kalo lo lagi liat parade drumband, pasti yang paling awal lo denger tuh suara dari snare drum ini!

2. Bass Drum

Bass drum, atau drum besar, adalah si penghasil dentuman dalam drumband. Bayangin aja, kalo lo denger suara “boom” yang menggelegar, itu pasti suara dari bass drum. Fungsinya bukan cuma buat bikin dentuman keren, tapi juga buat ngatur ketukan lagu biar makin mantap. Pokoknya, bass drum ini bikin lagu makin terasa nendang!

3. Tom-tom Drum

Tom-tom drum, yang biasa disebut drum tong-tong, adalah si penyemangat lagu di drumband. Bedanya sama snare drum, tom-tom ini suaranya lebih lembut tapi tetep bikin gelegar. Nah, drum ini biasanya dimainin dengan teknik roll atau gulungan, yang bisa bikin suasana jadi makin meriah!

4. Cymbals

Cymbals, atau seng, adalah si pembawa aura di drumband. Kalo lo denger suara “crash” yang menyatu dengan dentuman lainnya, itu pasti suara dari cymbals. Selain jadi penambah kegembiraan, cymbals juga punya peran penting buat memberi sinyal pergantian tempo atau bagian lagu. Makanya, jangan remehin keberadaan cymbals ini!

5. Tri-tone

Tri-tone, atau biasa disebut dengan tenor drum, adalah si pemberi warna di drumband. Beda banget sama alat lainnya, tri-tone ini punya suara yang unik, mirip kayak nggak kayak. Nah, biasanya tri-tone dimainin dalam susunan yang berderet, bikin tampilan drumband jadi makin keren!

6. Glockenspiel

Glockenspiel, atau yang sering disebut dengan metallophone, adalah si penyelaras nada di drumband. Beda sama alat lain yang suaranya keras, glockenspiel ini punya suara yang lebih cerah dan menonjol. Biasanya dimainin di bagian melodi, glockenspiel ini bikin suasana jadi makin riang!

7. Bell Lyre

Bell lyre, atau sering disebut dengan bell lyra, adalah si penyedap harmoni di drumband. Dengan suara yang jernih dan indah, bell lyre ini biasanya dimainin di bagian melodi tinggi. Jadi, kalo lo denger suara gemerincing yang seger di tengah-tengah musik drumband, pasti itu dari bell lyre!

8. Marching Toms

Marching toms, atau yang biasa disebut dengan quad drums, adalah si pemberi aksi di drumband. Beda sama toms yang biasa dipakai di drum set, marching toms ini biasanya dimainin sambil lo jalan kaki alias marching. Jadi, bukan cuma ngasih suara, tapi juga ngasih visual yang keren abis!

9. Color Guard Flag

Color guard flag, atau bendera drumband, adalah si pemberi keindahan di drumband. Meskipun bukan alat musik, tapi bendera ini punya peran penting dalam menambah semarak penampilan drumband. Gerakan yang gesit dan warna-warni benderanya bisa bikin penampilan drumband jadi makin memikat!

10. Stick dan Mallet

Stick dan mallet, atau tongkat dan palu, adalah si pengendali kekuatan di drumband. Tanpa mereka, suara drumband nggak bakal sekuat dan senada seperti yang lo denger sekarang. Stick dipakai untuk memainkan snare drum, bass drum, dan toms, sedangkan mallet dipakai untuk memainkan glockenspiel, bell lyre, dan alat lain yang membutuhkan sentuhan yang lembut.

Jadi, itulah dia, sobat! Sekarang lo udah tau lebih dalam tentang alat-alat drumband beserta peran masing-masing. Ingat, setiap alat punya kontribusi yang penting buat bikin musik drumband jadi keren dan meriah! Semangat terus nge-drum, dan jangan lupa, teruslah menginspirasi dengan ritme kalian!


Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat dan disukai oleh pembaca situs PDMarching.com!